5 Peran Laporan Keuangan untuk Bisnis


Setiap bisnis di bidang apa pun dan seberapa pun skalanya, urusan hitung menghitung seputar keuangan akan selalu ada, dan tugas ini tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Jasa pembuatan laporan keuangan yang handal seringkali digandeng perusahaan untuk melakukan tugas yang rumit ini.

Bagi setiap bisnis, laporan keuangan menjadi hal yang biasanya sangat penting serta sensitif, sehingga pekerjaan pembukuan adalah tugas yang cukup menantang, apalagi untuk bisnis yang baru dibuka. Namun meski sulit, laporan keuangan tetap harus dibuat karena perannya yang besar bagi sebuah bisnis.

Manfaat Sebuah Bisnis Memiliki Laporan Keuangan

Inilah sejumlah manfaat laporan keuangan bagi setiap bisnis / perusahaan / badan usaha menurut situs tabloidbintang.com:

1. Laba dan Rugi Bisa Diketahui dengan Mudah dan Jelas

Salah satu tujuan paling dasar dari setiap bisnis tentu adalah mendapat laba / untung, namun pada beberapa waktu tertentu, setiap bisnis tentu akan merasakan rugi. Seberapa banyak laba atau rugi yang didapat hanya bisa diketahui dengan jelas dan mudah jika ada laporan keuangan yang detail dan akurat.

2. Mengetahui Arus Kas

Jumlah cash flow atau arus kas bisa diketahui secara pasti setelah sebuah bisnis membuat pembukuan atau laporan keuangan yang rinci. Pada cash flow ini, sebuah bisnis juga bisa tahu berapa banyak dana yang ada atau masih tersisa dan apakah cukup untuk membiayai bisnis dalam beberapa waktu ke depan.

3. Uang Keluar Masuk Jelas

Transaksi masuk dan keluar untuk kebutuhan bisnis perlu dicatat dengan detail dan akurat agar bisnis bisa tahu berapa banyak dana yang sudah dikeluarkan selama sebulan misal untuk kebutuhan produksi dan biaya lain terkait bisnis seperti listrik, gaji karyawan, biaya perawatan kantor, dll. 

Hal yang sama juga berlaku untuk uang yang masuk dari hasil penjualan, investor, atau lainnya. Pencatatan detail ini juga bertujuan untuk mencegah kecurangan yang bisa mengakibatkan kerugian materil pada bisnis.

4. Mengecek Perkembangan Bisnis

Laporan keuangan yang mencakup tiga hal dasar di atas bisa menjadi salah satu tolok ukur tentang seberapa suksesnya sebuah bisnis atau justru sebaliknya.

Misalnya jumlah laba pada sebuah perusahaan cukup banyak dan dengan pengeluaran yang sudah tercukupi seluruhnya selama 6 bulan terakhir, maka menandakan bahwa bisnis tersebut sedang dalam kondisi yang stabil.

5. Membantu Pengambilan Keputusan 

Berdasarkan kondisi atau perkembangan perusahaan dari laporan keuangan tadi, pemilik bisnis atau pihak manajemen bisa mengambil keputusan yang lebih tepat misalnya ketika jumlah kerugian terus bertambah setiap bulan, maka perusahaan perlu melakukan inovasi produk misal, atau lebih gencar promosi.

Berdasarkan sejumlah manfaat dalam daftar di atas, dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan bukan sekedar kumpulan angka-angka, tapi memiliki peran yang besar bagi sebuah bisnis karena dengannya, perkembangan perusahaan bisa terlihat dan pengambilan keputusan yang tepat bisa dilakukan.  

Posting Komentar

0 Komentar